Fitur Unggulan Windows 8

Sistem operasi (OS) terbaru Microsoft Windows 8 baru saja dirilis di Indonesia. Pasti banyak pengguna komputer yang penasaran, apa saja kelebihan OS terbaru ini dibandingkan versi sebelumnya? Berikut adalah beberapa fitur unggulan Windows 8 yang tidak akan ditemukan pada Windows versi terdahulu.

  1. User Interface
    User Interface atau tampilan antar muka pada Windows 8 menggunakan gaya kotak-kotak. Bagi pengguna Windows 7 ke bawah, pasti sudah terbiasa dengan tombol ‘Start’ untuk membuka menu-menu yang lain, pada Windows 8 tidak ada tombol tersebut. Bukan berarti tombol ‘Start’ disembunyikan dalam kotak-kotak, hanya diganti dengan tombol ‘Home’. CEO Microsoft, Steve Ballmer, membantah keras tujuannya mendesain tampilan Windows 8 adalah sebagai bentuk kampanye terselubung Jokowi-Ahok, atau fans MU yang saat ini identik dengan jersey kotak-kotak. Tampilan kotak-kotak lebih menarik daripada tidak berpenampilan sama sekali.
  2. Picture Password
    Pada windows 7 ke bawah, kita biasa menggunakan password dengan menggunakan kata. Seperti alamat, tanggal lahir, kode pos, atau bahkan nama mantan sendiri. Pada Windows versi lawas itu hanya pihak kaum alay lah yang diuntungkan. Sebab, misal nama salah seorang kaum alay itu Ryan, dan dia menggunakan password ‘Ry4Nt4QKu4T53nD!r!’, itu merupakan password yang sulit ditebak bahkan oleh seorang hacker yang pernah menjebol Pentagon sekalipun.Tidak untuk Windows 8 sebab versi ini menawarkan metode terbaru untuk login ke dalam komputer. Dinamakan picture password karena pengguna dapat menggunakan koleksi gambar pribadinya sebagai password dengan ditambahkan beberapa sentuhan di bagian gambar tersebut, maka gambar dan gesture bisa digunakan untuk mengakses komputer. Ballmer menyarankan untuk tidak menggunakan foto mantan atau Andhika eks ‘Kangen Band’ sebagai picture password. CEO Microsoft ini takut nantinya pengguna Windows 8 akan kesulitan untuk login dan malah membanting komputernya karena tak tahan melihat kedua foto tersebut.
  3. People Address’s Book
    Pengguna Windows 8 tidak perlu repot-repot memasukan satu per satu kontak yang diinginkan pada People’s. Cukup dengan menghubungakan People’s dengan akun jejaring sosialnya miliknya, maka secara otomatis seluruh teman dalam akun jejaring sosial akan masuk dalam list People’s.Ballmer menambahkan bahwa jangan sampai alamat mantan dan Ayu Ting-ting masuk dalam list People’s. Jika alamat mantan sudah masuk ke dalam list People’s ditakutkan pengguna Windows 8 akan menderita gagal move-on, makan tidak kenyang, tidur tidak nyenyak, dan BAB tidak lancar. Alamat Ayu Ting-ting juga di-blacklist oleh Steve Ballmer untuk mencegah pengguna tertipu oleh alamat palsu yang diberikan oleh Ayu Ting-ting karena diduga sebagai bentuk balas dendam Ayu terhadap mantan pacarnya yang dulu juga pernah mengalami hal serupa.
  4. Cloud Skydrive
    Cloud Skydrive, yang artinya ‘Berkendara di Langit dan di Awan’ menurut Google Translate ini adalah aplikasi yang terhubung dengan layanan Cloud milik Microsoft.Kebanyakan pengguna Windows biasanya pasti meletakan file pribadinya dalam komputer yang digunakannya, sayangnya file tersebut tidak dapat diakses kapanpun dan dimanapun kita mau.Keuntungannya, selain menu save as, pengguna juga akan menemukan menu skydrive di menu. Untuk dapat mengakses Skydrive, pengguna hanya perlu memiliki akun layanan milik Microsoft, seperti hotmail ataupun Live.

    Layanan ini cocok sekali bagi anda yang suka mengoleksi film dokumenter tentang reproduksi. Jadi, anda bisa menonton dokumentasi tanpa ada gangguan dan kapan saja, di mana saja, bahkan menonton film di atas awan dan di bawah langit sekalipun.

  5. Windows Store
    Windows Store adalah layanan online terbaru milik Microsoft khusus untuk Windows 8. Windows Store serupa dengan Apple Store dan Google Play yang menyediakan aplikasi menarik seperti games dan lain-lain. Layanan ini pastinya hanya bisa digunakan untuk komputer, notebook, tablet atau smartphone yang menggunakan Windows 8.

Menurut namanya, semula Windows Store diduga sebagai layanan penjualan 8 jendela oleh pengguna Windows 8, ternyata kenyataannya tidak. Sayangnya, Microsoft menyediakan games dan aplikasi menarik pada Windows Store tentu saja dengan harga yang menarik juga.