Sulitnya Punya Nama Saiton

Jpeg

 

Belakangan ini kita dihebohkan dengan berita nama-nama unik di Indonesia. Mari kita bahas salah satu dari nama terunik di Indonesia, Saiton.

Pria asal Palembang ini terlahir dengan nama ‘Saiton’. Entah apa motivasi dari orangtuanya memberikan nama tersebut. Bisa jadi nama tersebut diberikan untuk meneruskan silsilah keluarga. Karena kita tak pernah tahu, mungkin saja nama orang tua ‘Saiton’ adalah ‘Ibhlis’. Atau jangan-jangan nama tersebut hanyalah plesetan dari 1 ton (seton).

Yang jelas, jika kita yang punya nama ‘Saiton’, pasti sangat tidak menyenangkan karena kita jadi susah untuk berkenalan dengan seorang wanita, apalagi dengan hijaber. Misalnya Saiton mengajak seorang wanita hijaber berkenalan kemudian si wanita bertanya “kalo nama kamu siapa?”, dan dijawab “aku Saiton”. Pastilah sang hijaber kaget, mengucap “A’uzubillahi minas Syaitonir Rajim” dan kemudian membaca ayat kursi.

Belum lagi kebiasaan anak-anak di Indonesia yang suka mengejek nama orang tua temannya. Misal jika ada anak yang punya nama bapak Afgan, diejek oleh teman-temannya biasa, “Afgan, main yuk? Eh besok kamu konser di mana? Aku ikutan nyanyi ya, biar konser kamu makin keren!”

Bagaimana jika anaknya Saiton yang diejek oleh temannya? Pasti menyakitkan. “Saiton, main yuk? Eh besok nangkring di pohon mana? Aku ikutan baca ayat kursi ya, biar kamu kebakar sama pohon-pohonnya.”

Oleh karena itu agar kelak cucu kita nanti terhindar dari ejekan teman-temannya di sekolah, berikanlah anak kita nama yang orang lain takut untuk mengejeknya, misalnya ‘Agama Orang Lain’. Dapat dipastikan yang mengejek agama orang lain akan dicerca karena SARA.

Hingga saat ini tidak ada peraturan pemerintah yang memberi koridor orangtua memberi nama anak. Orangtua diberi kebebasan seluas-luasnya untuk memberi nama. Makanya banyak nama unik beredar seperti Dontworry, Y, Saiton, Tuhan, Anti Dandruf, .. Ya, bahkan ada nama orang “.” dengan tanda baca, bukan kata “Titik”. Tidak dilarang pula memberi nama anak dengan huruf konsonan semua seperti “Hmpffsssnhhnghhmmbbhhtt” bagaikan suara orang menahan buang air besar.

Nama-nama unik di atas tidak berarti sesuatu yang buruk. Hanya saja karena keunikannya menjadi bahan perbincangan hingga bercandaan orang-orang. Oleh karena itu sangat dianjurkan memberi anak nama yang baik artinya atau minimal enak kedengarannya.

Namun jika ingin anak Pemirsa menjadi orang terkenal, tak ada salahnya memberi nama unik. Pemirsa punya ide?