9 Aplikasi Alternatif Blackberry Messenger

Alternatif Blackberry Messenger – Hari Rabu, 3 Oktober 2012, layanan BlackBerry di kawasan Asia Pasifik mengalami gangguan yang berdampak pada aplikasi unggulan smartphone besutan RIM ini, BlackBerry Messenger atau biasa disebut BBM. Kami sendiri bingung mengapa masih banyak orang menggunakan aplikasi ini mengingat ekslusivitas serta dependensinya terhadap BIS (BlackBerry Internet Service).

Saat ini sudah banyak aplikasi alternatif mobile instant messaging yang disediakan oleh beberapa pengembang dan hampir memiliki semua fitur yang ada di BBM. Berikut ini akan kami bahas 9 diantaranya.

  1. WhatsApp

    WhatsApp Messenger adalah aplikasi instant messenger yang tersedia untuk platform BlackBerry OS, iOS, Android, Symbian, dan Windows Phone. Aplikasi ini juga tersedia untuk beberapa platform mainan Nokia, MeeGo dan Maemo yang dikembangkan oleh komunitas. Saat ini, WhatsApp mengirim lebih dari 2 juta pesan perhari.

    Berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, WhatsApp menggunakan nomor telepon sebagai identitas pengguna. Dengan membaca kontak dari daftar buku telepon, pengguna akan mengenali siapa saja yang bisa dihubungi melalui aplikasi ini. WhatsApp juga memiliki fitur seperti group chat dan broadcast message seperti yang ada di BlackBerry Messenger.

    Walaupun beberapa kali WhatsApp diterpa isu keamanan, sepertinya para pengguna masih setia dengan aplikasi yang tampilannya cukup sederhana ini.

  2. LINE

    LINE adalah aplikasi instant messenger yang dikembangkan oleh Naver, sebuah search portal yang berbasis di Korea Selatan. Selain pesan teks, LINE juga dapat melakukan panggilan suara dengan VoIP (Voice over Internet Protocol) atau video call. Yang membuat aplikasi ini menarik adalah Stickers dan Emoji yang lucu dan unik.

    Tersedia untuk platform BlackBerry, iOS, Android, Windows Phone, serta Dekstop PC (Windows atau Mac), LINE sudah digunakan oleh hampir 50 juta orang di lebih dari 230 negara. Konon, LINE sangat populer diantara karyawan salah satu operator GSM terbesar di Indonesia berinisial T. Pemirsa yang ingin mengobrol dengan kami lewat LINE bisa mencari username ‘Liputan9’.

    LINE Sticker
    Salah satu sticker di LINE
  3. WeChat

    Aplikasi yang satu ini berasal dari Cina, dikembangkan oleh Tencent. Selain mendukung multi-platform (iOS, Android, Windows Phone, Symbian), WeChat juga menyediakan beberapa bahasa pengantar seperti Cina, Indonesia, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia.

    WeChat memiliki fitur antara lain hold-to-talk voice messaging, broadcast message, Shake, Look Around, serta Drift Bottle. Untuk mendaftar, user bisa menggunakan Facebook Connect, nomor telepon via SMS, atau QQ. Menurut Ma Huateng, CEO Tencent, WeChat telah melewati angka 100 juta pengguna pada bulan Maret 2012.

  4. Facebook Messenger

    Tak ingin ketinggalan di bisnis instant messaging, Facebook meluncurkan Facebook Messenger pada 9 Agustus 2011 untuk platform iOS dan Android. Aplikasi yang merupakan pengembangan dari Facebook Chat ini akhirnya tersedia untuk BlackBerry pada 11 Oktober tahun yang sama.

    Facebook Messenger juga tersedia untuk Desktop PC (Windows 7) dan sedang dikembangkan untuk Mac OSX.

  5. Kik Messenger

    Kik dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa dari University of Waterloo. Saat pertama kali dirilis tanggal 19 Oktober 2010, angka pengguna tembus 1 juta orang hanya dalam 15 hari.

    24 November 2010, Research In Motion (RIM) menghapus Kik dari BlackBerry Appworld. Isu yang santer beredar saat itu RIM merasa tersaingi oleh Kik yang juga memiliki fitur notifikasi pesan seperti D, R, dan X.

    Kik tersedia untuk platform iOS, Windows Phone, Symbian, Blackberry, dan Android. Saat ini, Kik memiliki lebih dari 20 juta pengguna di seluruh dunia.

  6. KakaoTalk

    KakaoTalk tersedia untuk Bada, iOS, Android, Blackberry, Windows Phone.

    Beberapa fitur unggulan KakaoTalk:

    • High quality of Free call with funny voice filters
    • Fast and stable message transmission ‬
    • Group chat with unlimited # of friends
    • Support iOS, Android, BB, Bada and WP ‬
    • 250+ cute moving emoticons
    • Photo, video and contact information share
    • ‪All data completely encrypted ‬
    • Support for 12 languages
    • K-pop & Local Star Friends (Plus Friends)
    • Walkie-talkie
    • First ISO 27001 certified mobile messenger
    • User’s own KakaoTalk theme
    • Search friends with ID
    • No annoying banner ads at all
  7. Zello Walkie Talkie

    Zello, menurut kami, adalah aplikasi yang sangat unik. Aplikasi ini menekankan pada voice messaging yang menyerupai walkie-talkie. Bayangkan jika walkie-talkie diterapkan dalam group chat. Rusuh!

    Aplikasi ini menggunakan speaker phone sebagai output, jadi jangan lupa mematikannya di saat-saat tertentu seperti rapat, menunaikan ibadah, atau lainnya.

    Zello tersedia untuk Android, Blackberry, iOS, dan PC.

  8. Yahoo! Messenger

    Siapa yang tak kenal Yahoo! Messenger? Aplikasi ini bisa dibilang salah satu perintis mobile instant messaging. Sayang, Yahoo! tak terlalu memperhatikan pengembangan YM untuk perangkat mobile.

    Yahoo! Messenger tersedia untuk platform Android, iOS, BlackBerry, SMS, dan lainnya

Bagaimana dengan Pemirsa sendiri? Aplikasi apa yang anda gunakan untuk instant messaging?