Tikus Tanah Berhidung Bintang

9 Fauna Unik dan Langka Yang Jarang Diketahui Orang

Inilah 9 fauna unik dan langka yang jarang diketahui orang:

  1. Babirusa

    Babirusa
    Babirusa adalah sejenis hewan sejeni babi, dengan ciri khas gading melingkar, yang hidup di pulau Sulawesi, Togian, Sula dan Buru. Jika gagal melingkar, maka gading babirusa dapat tumbuh sampai menembus tengkoraknya.

  2. Pukang Sunda

    Pukang Sunda
    Hewan ini hidup di pepohonan dan aktif di malam hari. Dia dapat meluncur terbang dari satu pohon ke pohon yang lain. Makanannya adalah bagian tanaman lunak seperti daun muda, tunas, bunga, dan buah-buahan.

  3. Lamprey

    Lamprey
    Lamprey adalah jenis ikan tanpa rahang yang sebagian besar hidup di perairan pesisir dan segar, yang dewasa ditandai dengan bergigi, corong seperti mulut pengisap. Mereka menempel dan kemudian mengisap darah ikan. Lamprey telah ada selama hampir 300 juta tahun dan struktur tubuhnya relatif tidak berubah.

  4. Markhor

    Markhor
    Markhor adalah spesies besar kambing liar yang ditemukan di timur laut Afghanistan dan Pakistan. Spesies ini digolongkan oleh IUCN sebagai terancam punah, karena ada kurang dari 2.500 individu dewasa. Markhor adalah hewan nasional Pakistan. Saat mengunyah rumput, suatu zat seperti busa keluar dari mulutnya yang jatuh ke tanah dan mengering. Zat ini seperti busa yang dicari oleh masyarakat setempat dipercaya dapat mengeluarkan bisa dari luka gigitan ular.

  5. Kepiting Yeti

    Kepiting Yeti
    Juga dikenal sebagai Kiwaidae, kepiting ini merupakan jenis dekapoda laut yang hidup di ventilasi hidrotermal laut dan rembesan dingin. Hewan ini sering disebut sebagai “kepiting yeti” karena cakar dan kakinya yang putih dan tampak berbulu, seperti makhluk mitos “yeti”

  6. Tikus Tanah Berhidung Bintang

    Tikus Tanah Berhidung Bintang
    Tikus ini diberi nama hidung bintang karena bentuk daging pada hidungnya, yang ditutupi reseptor sensorik yang meningkatkan kemampuan sentuhannya, karena sebenarnya pengelihatan hewan ini sangat buruk.

  7. Mara Patagonia

    Mara Patogonia
    Patagonia Mara adalah hewan pengerat yang banyak ditemukan di Argentina. Hewan hervivora ini mirip kelinci dengan ciri memiliki telinga agapanjang khas dan tungkai yang panjang dan kaki belakangnya lebih panjang dan lebih berotot dibandingkan tungkai depannya.

  8. Tikus Mondok

    Tikus Mondok
    Hewan ini memiliki peran penting dalam hidup manusia karena tidak bisa kena penyakit kanker serta awet muda. Mereka bisa hidup sampai usia 28 tahun, tidak seperti mamalia lain seukurannya. Hewan ini sering dijadikan bahan studi untuk kanker dan awet muda.

  9. Gerenuk

    Gerenuk
    Gerenuk adalah hewan sejenis kijang dengan leher panjang yang hidup di gurun Afrika Timur. Kata Gerenuk berasal dari bahasa Somalia yang berarti “jerapah berleher”. Gerenuk jarang merumput tapi lebih suka menjelajah diantara semak berduri atau pohon.

You might also like