Top 10 Payphone Cover oleh Artis Independen

Ini adalah hasil penelitian tim redaksi Liputan 9 selama 3 bulan setelah menonton ratusan Payphone cover di Youtube. Video-video di bawah dinilai berdasarkan vokal, aransemen, videografi, dan kreativitas lainnya. Kami akan mulai dari peringkat paling bawah. Inilah Top 10 Payphone Cover

  • 10. Jason Chen


    Walau karakter vokalnya cukup baik namun cover yang dibawakan oleh mister Chen ini tidak lebih dari sebuah karaoke. Satu-satunya kelebihan cover ini adalah ikon burung hantunya yang lucu.

  • 9. Avery iphone ft. Max Schneider


    Ini adalah sekelompok remaja pemilik iPhone yang baru saja mengenal aplikasi “Garage Band”. Kreativitasnya bolehlah walaupun lama-lama terdengar monoton. Ada sedikit kejutan pada menit 3:02

  • 8. Tyler Ward & Katy McAllister


    Vokal dan aransemennya oke, sayang temponya terlalu lambat. Payphone bukan sekadar lagu mellow, ada sedikit ‘rage‘ di dalamnya. So, you got to maintain the tempo, dudes.

  • 7. Tiffany Alvord & Jervy Hou


    Ini adalah cover pertama dengan bagian rap-nya, jadi ada nilai plus pada bagian itu. Cukup asik didengar walau videonya agak cheesy.

  • 6. Alex G ft. Jameson Bass


    Lagi-lagi tempo yang lambat. Padahal cover ini sudah didukung dengan vokal, sound engineering, dan video yang keren. Lain kali tolong temponya diperhatikan ya. Iya

  • 5. Megan Nicole and Dave Days


    Waini! Cover Payphone dengan aransemen versi musik yang ramah dengan telinga ABG: Pop. Btw, Dave Days ini adalah pemilik iPhone yang ada di video #9. Kejutan!

  • 4. Paradise Fears


    Nah, kalau cover yang satu ini temponya terlalu cepat. Aransemen dan videonya oke, sayang sang vokalis terlalu maruk untuk melahap semua bagian vokal. Bagi-bagi dong, Sob!

  • 3. Boyce Avenue


    Ini adalah cover Payphone paling jantan yang kami dengar. Mulai dari karakter vokal, model rambut seragam, sampai bagian rap yang diganti dengan solo gitar. Faith in real man has been restored!

  • 2. Alex Goot ft. Eppic


    Mengapa cover ini ada di posisi #2? Correct me if I’m wrong, sepertinya bung Alex ini mengaransemen dan memainkan sendiri instrumennya, mulai dari melodi gitar, drum beats, piano, dan pastinya vokal. Thumbs up untuk Eppic rap!

  • 1. Jayesslee

  • Dan cover Payphone terbaik versi Liputan 9 adalah: Sonia dan Janice! Aransemennya okeh, vokalnya fairy sound, videonya sederhana tapi enak dilihat. Kurang apa coba?

Bonus: Mashup & Makna

“Call Me Maybe” / “Payphone” MASHUP! (ft. Jessica Jarrell & James Alan)

Makna Lagu Payphone
Lagu Payphone menggambarkan tentang sebuah hubungan yang berakhir secara sepihak, dalam kasus ini oleh perempuan. Sang pria sangat terpukul. Semuanya tidak aka bisa kembali seperti semula, bahkan sekadar menjadi teman biasa. Bagian rap Wiz Kalifah mewakili rasa percaya diri sang pria untuk bangkit dan move-on. Suara yang mengingatkan kita untuk menutup pintu jika sang mantan kembali menghantui.

“I’m at a payphone trying to call home” menggambarkan usaha sang pria untuk menemukan jati dirinya kembali, namun karena terlalu fokus pada mantannya dia tidak tau lagi bagaimana menjadi dirinya sendiri (“all of my change I spent on you”)

Hikmah

Dengan adanya internet dan teknologi komunikasi, menjadi seorang artis independen tak lagi sulit. Dengan modal vokal, kemampuan bermusik, webcam, dan Youtube seseorang bisa langsung menjadi artis dan membangun fanbase. Sayangnya orang dengan talenta musik atau berpenampilan menarik sudah banyak di Bumi ini. Kalau tidak didukung dengan peralatan yang canggih, paling banter jadi model iklan sosis atau bintang tamu di ‘Bukan Empat Mata’. Hanya menjangkau para ABG yang main di warnet sampai dini hari dan supir angkot.

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas memang membutuhkan keseriusan yang lebih dari sekadar iseng. Rekaman dan membuat video yang enak dilihat dan didengar. Tidak punya modal? If you didn’t have money, you’d better have some good friends.

Salam emang iye, emang begitu!

You might also like

  • Ichsan

    Paradise Fears cuy!! Tapi sayang peringkat 4

  • harusnya WALK OFF THE EARTH ada di posisi puncak…

  • Keren2 lah. tp paling suka covernya Jason chen :)

  • Endi

    gila keren alex foot ft.epiic sama boyce avenue nice