Di Balik Layar April Mop Liputan9


526

Awalnya Jedi tidak pernah kepikiran untuk melakukan aksi April Mop kemarin. Sekonyong-konyong, salah satu tim redaksi Liputan 9 (sebut saja ‘Bunga’) mengirim DM. Berikut petikan percakapan Jedi dengan Bunga

Sebenarnya Jedi pesimis bakal ada yang percaya dengan aksi ini tapi akhirnya Jedi mengiyakan. Untuk lebih meyakinkan, Jedi berusaha mencari contoh-contoh surat somasi yang sesuai dengan skenario. Hasilnya nihil.

Dari hasil pencarian di Google, Jedi belajar satu hal. Istilah ‘somasi’ hanya bisa digunakan jika sebelumnya dua belah pihak sudah memiliki ikatan hukum. Bahkan menurut Kateglo, somasi spesifik sebagai ‘teguran untuk membayar’. Artinya, jika memang benar ada pihak yang ingin menegur Jedi bukan dengan mengirim somasi melainkan surat peringatan, gugatan, atau lainnya.

Jedi tidak menyerah dan mencoba menerjemahkan menggunakan Google Translate. Somasi diterjemahkan jadi ‘subpoena’ (bukan ‘somation’) yang definisinya sangat jauh dari apa yang Jedi harapkan. Akhirnya niat untuk menyisipkan surat somasi dibatalkan.

Tepat pukul 11.00 WIB, aksi dijalankan. Skenarionya dengan mengetwit salam terakhir dandeactivate akun. Banyak yang percaya dan banyak juga yang sudah menduga kalau ini hanyalah April Mop semata.

Sejam kemudian komentar mulai bergulir. Bunga, yang menjadi otak aksi ini malah berubah pikiran. “Kok aku jadi merasa bersalah ya”, katanya melalui DM. Laah begimana ceritanya. ‘The show must go on’, kita putuskan untuk meneruskan aksi ini.

Reaksi mulai berkembang. Ada yang menunjukkan sentimen negatif pada salah satu stasiun televisi (maafin Jedi yaa). Ada juga yang membahas sisi legal mengenai parodi. Beberapa akun parodi berita juga getar-getir dan buru-buru mengganti username-nya. Ada juga yang langsung mengkonfirmasi orang legal stasiun televisi tadi. Ada yang sudah 65 hari tidak ngetwit dan tiba-tiba muncul khusus untuk Liputan9 (aww..cocwiit). Seru! Semuanya sangat membuka mata dan mencerahkan Jedi mengenai parodi serta semua aspeknya.

Malam harinya, Jedi mulai bingung “Ini besok kata-kata pembukanya gimanaa” mengingat beberapa pemirsa sudah terlanjur memiliki sentimen negatif terhadap Liputan9 dan mengancam melakukan aksi unfollow jika memang benar ini hanya April Mop belaka. Setelah diskusi dengan beberapa pemirsa setia, akhirnya Jedi memutuskan untuk menggunakan goyang IWAK PEYEK! Manjur ga?

Sekian dulu penjelasan dari Jedi. Terima kasih untuk pemirsa yang masih setia dengan Liputan9 begitu juga yang sudah memberi masukan yang sangat berharga. Mohon maaf jika ada pihak-pihak yang kurang berkenan dengan aksi ini bisa berdiskusi lebih lanjut melalui email yang ada di bio twitter.

Akhir kata, izinkan Jedi mengucapkan apa yang pernah dinyanyikan oleh 2 orang bijak: “Sorry for party rockin!”

Salam emang iye, emang begitu!


Like it? Share with your friends!

526
JeDi

You think water moves fast? You should see ice. It moves like it has a mind. Like it knows it killed the world once and got a taste for murder.

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *